Cara Membuat Rekapitulasi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

Dalam siklus akuntansi perusahaan dagang kita akan diperkenalkan dengan suatu tahap yang di susun diantara tahap pembuatan jurnal khusus dan tahap penyusunan buku besar, apakah tahap itu? Tahap itu adalah tahap membuat rekapitulasi jurnal khusus.

Meskipun pada dasarnya tahap pembuatan rekapitulasi jurnal khusus ini tidak wajib dibuat namun tidak ada salahnya untuk dipelajari dan dikuasai. Sebagaimana telah disinggung dalam artikel sebelumnya yang berjudul arti dan tujuan rekapitulasi jurnal khusus, bahwa tujuan dibuatnya rekapitulasi jurnal khusus ini adalah untuk mempermudah dalam proses posting jurnal khusus ke buku besar, itulah sebabnya diawal paragraf saya katakan bahwa tahap rekapitulasi berada diantara jurnal khusus dan buku besar.

Untuk Membuat rekapitulasi jurnal khusus dengan benar merupakah sebuah hal yang mudah, hal ini karena dalam proses pembuatan rekapitulasi ini kita hanya butuh ketelitian untuk merekap saldo total dari setiap akun dalam jurnal khusus yang telah dibuat dalam satu periode. Untuk lebih Jelas langkah demi langkah dalam pembuatan rekapitulasi jurnal khusus atau cara membuat rekapitulasi jurnal khusus perusahaan dagang simaklah ilustrasi soal berikut ini :



Pada akhir bulan juli 2015 PD Agung Lesmono jurnal khusus yang telah disusun adalah sebagai berikut :

tahap pembuatan rekapitulasi jurnal khusus
cara menyusun rekapitulasi jurnal khusus perusahaan dagang

Berdasarkan Jurnal khusus yang telah dibuat dalam PD Agung Lesmono cobalah anda membuat rekapitulasi untuk setiap jurnal khusus tersebut!

Setelah anda berusaha membuat rekapitulasi untuk jurnal khusus sesuai yang ditampilkan diatas dan anda sudah yakin dengan jawaban anda, sekarang cobalah lihat jawaban atas soal diatas berikut ini:

Jawaban dalam ilustrasi pembuatan rekapitulasi jurnal khusus

Bagaimana? Apakah jawaban anda sudah benar? Jika sudah maka anda sudah saatnya untuk memahami bagaimana cara membuat buku besar dari hasil rekapitulasi jurnal khusus

Demikianlah sebuah artikel pendek tentang cara yang tepat dalam membuat rekapitulasi jurnal khusus perusahaan dagang, perlu anda ingat bahwa pada dasarnya dalam penyusunan rekapitulasi jurnal khusus adalah memindahkan saldo total dari masing-masing akun yang ada dalam setiap jurnal khusus ke dalam rekapitulasi dari setiap jenis jurnal khusus.semoga anda dapat memahami dengan baik apa yang dibahas dalam artikel ini sehingga anda akan trampil dalam membuat rekapitulasi jurnal khusus perusahaan dagang dengan tepat dan cepat.

0 komentar:

Post a Comment